Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar


Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru - Hal utama yang menjadi pertimbangan sebuah perusahaan dalam merekrut karyawan atau pegawai pada perusahaaannya tidak lain dan tidak bukan ialah berkenaan dengan dokumen pelamar. Dokumen pelamar menjadi hal yang sangat penting dikarenakan dokumen tersebut menjadi bukti kualifikasi pelamar sesuai atau tidak dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dokumen yang paling penting saat ini yang disyaratkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia adalah Ijazah dan Transkrip Nilai. Berbeda halnya dengan perusahaan-perusahaan luar negeri yang lebih mengutamakan skill daripada Ijazah.


Selain dari ijazah dan Transkrip Nilai, Curriculum Vitae atau yang sering disebut (CV) juga menjadi salah satu syarat Administrasi yang tidak kalah penting dari Ijazah. Dimana pada CV sebuah perusahaan bisa mengenali lebih dekat calon karyawannya. Di dalam sebuah CV tercantum biodata diri dari seorang pelamar, dimulai dari nama, alamat, jenjang pendidikan hingga pengalaman-pengalaman kerja yang sudah pernah ditekuni pelamar. Dengan demikian pembuatan CV yang benar akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan agar perusahaan tertarik dengan pelamar tersebut. Begitu pula dengan Surat Permohonan Kerja atau yang lebih dikenal Surat Lamaran Pekerjaan juga menjadi bagian yang penting sebagai syarat administrasi saat melamar pekerjaan.

Surat lamaran kerja merupakan surat yang dibuat seorang pelamar yang hendak bekerja pada sebuah kantor, perusahaan atau instansi tertentu. Surat lamaran kerja termasuk surat resmi, sehingga ada aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Untuk itu pada kesempatan ini penulis akan berbagi Tips serta Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, sehingga harapannya bisa membantu Anda dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Secara umum, surat memiliki bagian-bagian seperti di bawah ini: Tempat dan tanggal pembuatan surat Nomor surat Lampiran Hal atau perihal Alamat tujuan

o Salam pembuka
o Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu: paragraf pembuka, isi surat dan paragraf penutup
o Salam penutup
o Tanda tangan dan nama terang

Meskipun demikian, bukan berarti semua surat harus memiliki semua bagian seperti yang disebutkan di atas. Contohnya seperti bagian Nomor Surat, hal ini tentu tidak perlu dicantumkan dalam pembuatan surat lamaran kerja. Selain dari itu, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan saat membuat surat lamaran kerja sehingga menghasilkan sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

1. Pergunakan Ejaan bahasa yang baik dan benar

Rangkailah kalimat-kalimat yang sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. (Jika menggunakan Bahasa Indonesia). Intinya, gunakan kata-kata yang terkandung dalam kamus, bukan kata-kata gaul atau semacamnya yang hanya diketahui maksudnya oleh sebagian orang atau kelompok saja.

2. Tulislah dengan kalimat-kalimat yang sopan

Gunakan kalimat-kalimat yang sopan, dan hindari penggunaan kalimat-kalimat yang terkesan menyombongkan diri.

3. Usahakan menulis secara manual (tulis tangan) dan rapi

Sebagian perusahaan atau instansi memang mensyaratkan bagi setiap pelamar untuk menulis surat lamaran dengan tangan. Hal ini tidak lain ialah untuk menilai tulisan tangan yang dihasilkan pelamar dengan kepribadian yang melekat pada pelamar. Jadi Usahakan supaya tulisannya mudah dibaca, rapi dan tidak kotor (corat-coret).

4. Buatkan Lampiran yang disyaratkan Perusahaan

Cantumkan syarat-syarat yang ditentukan oleh perusahaan ke dalam Surat. Kemudian siapkan Syarat-syarat tersebut sebagai lampiran dari surat. Selain itu Anda juga boleh melampirkan Sertifikat-Sertifikat pendukung lainnya supaya pihak perusahaan lebih yakin kepada Anda walaupun Sertifikat tersebut tidak disyaratkan oleh perusahaan.

Itulah beberpa Tips dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar di bawah ini:

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum 1

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk/Ibu Personalia
PT. Ingin Maju
Jl. Rusak Berat No. 35
Banda Aceh

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari Harian Serambi tanggal 16 Oktober 2014 tentang adanya lowongan pekerjaan pada PT. Ingin Maju. Dengan ini Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Sales Executive dengan kode (SE) di perusahaan PT. Ingin Maju.

Berikut ini adalah data singkat saya

Nama                   : Ikhsan
Tempat/tgl. lahir      : Banda Aceh, 29 November 1988
Pendidikan Terakhir    : S1 Hukum Ekonomi Syariah
Alamat                 : Jl. Maju Mundur No. 27
Telepon (HP)           : 082364648915
Status                 : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk berkontribusi pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini saya perbuat dengan sebenar-benarnya dengan harapan dapat terkabul hendaknya, atas perhatian dan pertimbangan dari Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Ikhsan

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum 2

Banda Aceh, 16 Oktober 2014

Kepada Yth. HRD
PT. Ingin Maju,
Jl. Rusak Berat No. 35
Banda Aceh

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                  :  Ikhsan, S,HI
Tempat, Tgl. Lahir    :  Banda Aceh, 29 November 1988
Alamat                :  Jl. Maju Mundur No. 27
No. Telp/HP           :  082364648915
Pendidikan            :  S1 Hukum Ekonomi Syariah

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai seorang Sales Executive.

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Sales Executive di salah satu perusahaan terkemuka di Medan. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini turut saya lampirkan kelengkapan administrasi sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah (legalisir)
3. Foto copy Transkrip Nilai (legalisir)
4. Foto copy KTP
5. Pas photo terbaru (2 lembar)
6. Foto copy Sertifikat

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat, atas perhatian dari Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Ikhsan S,HI

Demikian tips serta dua Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi Anda dalam membuat surat lamaran kerja guna melamar pada perusahaan yang hendak dilamar. Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan di like dan di share ke teman-teman Anda yang lain melalui tombol di bawah. Dan jika dibutuhkan, silahkan baca juga contoh surat lamaran kerja di Bank. Akhir kata, semoga Anda segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan serta sesuai dengan diri Anda. Salam sukses dari www.lowongankerja20.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel