Pengumuman Pendaftaran Peserta Program SM3T Terbaru

Pengumuman Pendaftaran Peserta Program SM3T Tahun 2016 - Info lowongan kerja 2016 yang bakal kami bagikan hari ini adalah lowongan kerja untuk lulusan Sarjana dari program studi kependidikan terbaru Juni 2016. Informasi tentang penerimaan peserta program SM3T yang akan kami sajikan ini tentunya akan sangat berguna untuk Anda yang saat ini lagi mencari lowongan pekerjaan terbaru bulan Juni tahun 2016, khususnya bagi Anda lulusan Sarjana Kependidikan. Jadi jika Anda merasa saat ini benar-benar sedang membutuhkan pekerjaan, silahkan simak terus informasi pendaftaran Pendidikan Profesi Guru SM3T tahun 2016 ini sampai selesai.

Gambar untuk Pengumuman Pendaftaran Peserta Program SM3T Tahun 2016


Program SM3T adalah merupakan program maju bersama mencerdaskan Indonesia (MBMI) yang ditujukan untuk para Sarjana Pendidikan (belum bertugas sebagai guru), untuk ditugaskan selama satu tahun pada daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal).

Adapun maksud dan tujuan dari Program SM3T ini ialah untuk membantu mengatasi kekurangan guru, dan sekaligus mempersiapkan calon guru profesional yang tangguh, mandiri, memiliki sikap peduli terhadap sesama, serta memiliki jiwa untuk mencerdaskan anak bangsa supaya dapat maju bersama mencapai cita-cita luhur seperti yang diamanahkan oleh para pendiri bangsa Indonesia.

Program SM3T adalah Program Pengabdian Sarjana Pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T selama satu tahun sebagai penyiapan pendidik profesional yang akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru.

Persyaratan Peserta SM3T Tahun 2016

1. Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan KTP / SIM yang masih berlaku.
2. Sarjana dari program studi kependidikan minimal S-1 lulusan tiga tahun terakhir (2014, 2015, 2016) dari program studi  terakreditasi minimal B yang sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran dan atau bidang keahlian yang dibutuhkan; pas foto berwarna, soft copy ijazah dan transkrip nilai di up load bersama borang pendaftaran dari sistem informasi yang ada.
3. Usia maksimum 27 tahun per 31 Desember 2016.
4. IPK minimal 3,00; dibuktikan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan (legalisasi).
5. Berbadan sehat; dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari klinik terdaftar / Puskesmas.
6. Bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza)dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) serta Miras dari pejabat yang berwenang.
7. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres/Polresta.
8. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 6000 rupiah.
9. Belum pernah mengikuti program SM-3T pada tahun sebelumnya, dan sanggup mengikuti program PPG yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai.
Bukti persyaratan nomor 1) s.d. nomor 9) dibawa pada saat tes wawancara. Pada saat wawancara peserta juga diminta membawa contoh RPP yang dibuat sendiri (berdasar topik tertentu yang dipilih). Khusus lulusan tahun 2016 yang belum memiliki ijazah, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani dan/atau diketahui Pembantu/Wakil Rektor Bidang Akademik, sedangkan ijazah dan transkrip nilai asli wajib ditunjukkan pada saat wawancara.

Daftar Program Studi SM3T Tahun 2016

Adapun program studi yang diterima dalam pendaftaran peserta SM3T tahun 2016 adalah sebagai berikut :

1.   Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
2.   Pendidikan Sejarah.
3.   Pendidikan Ekonomi.
4.   Pendidikan Geografi.
5.   Pendidikan IPS.
6.   Pendidikan Sosiologi dan Antropologi.
7.   Pendidikan Bahasa Indonesia.
8.   Pendidikan Bahasa Inggris.
9.   Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.
10. Pendidikan Biologi.
11. Pendidikan Matematika.
12. Pendidikan Fisika.
13. Pendidikan Kimia.
14. Pendidikan IPA.
15. Pendidikan Teknik Bangunan.
16. Pendidikan Teknik Mesin.
17. Pendidikan Teknik Otomotif.
18. Pendidikan Teknik Elektro/Ketenagalistrikan.
19. Pendidikan Teknik Elektronika.
20. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Boga.
21. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Busana.
22. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Rias.
23. Pendidikan Luar Biasa.
24. Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
25. Pendidikan Guru Anak Usia Dini.
26. Bimbingan dan Konseling.
27. Pendidikan Seni Budaya (Drama, Tari, Musik).
28. Pendidikan Seni Rupa.

Jadwal Pendaftaran SM3T Tahun 2016

No Kegiatan Waktu
1 Pendaftaran Peserta Secara Online 16 Juni 2016- 4 Juli 2016 Pukul 23:59 WIB
2 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dan      
Pengumuman Jadwal Tes Online
13 Juli 2016
3 Tes Seleksi (secara online) 21 - 22 Juli 2016
4 Pengumuman Hasil Tes Seleksi dan
Undangan Wawancara di LPTK
25 Juli 2016
5 Seleksi Wawancara di LPTK 1 - 3 Agustus 2016
6 Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara dan
Pemanggilan Prakondisi
5 Agustus 2016
7 Prakondisi 15 - 31 Agustus 2016

Bagi Anda lulusan Sarjana Kependidikan yang memenuhi persyaratan seperti yang sudah disebutkan di atas dan tertantang ingin berkontribusi dalam mencerdaskan Indonesia melalui Program SM3T tahun 2016 ini. Silahkan daftarkan diri Anda melalui situs resmi seleksi dikti SM3T atau bisa langsung klik halaman rekrutmen di bawah ini :

HALAMAN REKRUTMEN SM3T 2016
Sumber : seleksi.dikti.go.id/sm3t/

Demikianlah informasi mengenai pembukaan / penerimaan pendaftaran peserta SM3T tahun 2016 yang dapat saya sampaikan kepada Anda para pengunjung semua. Semoga info seleksi dikti SM3T ini bisa bermanfaat bagi Anda semua, terutama bagi Anda lulusan Sarjana Kependidikan yang saat ini belum bertugas sebagai Guru. Jadi silahkan manfaatkan kesempatan ini untuk ikut maju bersama mencerdaskan Indonesia. Jika info SM3t Dikti ini bermanfaat, silahkan like dan share kepada saudara, teman atau kerabat kita yang lain melalui tombol di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan semoga Anda lulus dan diterima menjadi salah satu peserta program PPG SM3T tahun 2016 ini. Salam sukses dari http://ikhsan-blogs.blogspot.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel